Ukuran Kekristenan yang Sejati
(Yeremia 23: 21-22)

Sekarang ini banyak sekali jaringan apostolik dan profetik di dalam dan di luar negeri yang begitu mudah menyebut dan mengangkat seseorang nabi atau rasul dengan kriteria yang kadang tidak jelas dan terkesan sembrono. Seseorang diakui sebagai nabi atau rasul bukan dari jabatan yang dimilikinya, tetapi dari buah pelayanan dan kasih karunia yang jelas terlihat di dalam dirinya.

Banyak yang menyebut dirinya nabi atau rasul sedemikian giat di dalam pelayanannya namun mereka sebenarnya tidak pernah diutus oleh Tuhan tetapi mengutus diri sendiri. Banyak orang Kristen mengira pelayanan adalah ukuran kekristenan yang sejati. Itulah sebabnya begitu banyak hamba Tuhan yang “terjebak” dengan kegiatan (pelayanan) sehingga tidak memiliki waktu untuk diri sendiri, keluarga, sosial, apalagi waktu bersama Tuhan.

Ada juga beberapa orang Kristen yang sangat aktif di dalam mengembangkan dan menggunakan karunia-karunia Roh Kudus. Meskipun demikian, karunia-karunia Roh Kudus bukanlah ukuran kekristenan yang sejati. Perhatikan kalimat ini, “Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat (ay. 21).” Jadi ada kemungkinan karunia-karunia Roh Kudus dioperasikan tanpa Tuhan!
Ukuran yang harus kita perhatikan adalah apakah orang-orang ini hadir di dalam dewan musyawarah Tuhan (ay. 22). Ini adalah gambaran dari orang-orang yang dekat dan memiliki hubungan yang kuat dan benar dengan Tuhan sehingga dilibatkan oleh Tuhan dalam pertemuan dewan musyawarah-Nya. Mereka inilah yang mendengarkan perintah, keputusan, dan strategi Tuhan secara langsung. Mereka bergerak mengikuti gerakan dan rencana-Nya serta dipimpin langsung oleh Roh Kudus. Mereka tidak berjalan menurut kemauan sendiri. Mereka diutus oleh Tuhan, bukan mengutus diri sendiri!

Apakah Anda sudah pernah hadir di dalam dewan musyawarah Tuhan selama ini?

-Ps.Leonardo A.Sjiamsuri-

View on Path

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: