Mendengarkan Firman

Seringkali terjadi pada saat Firman Tuhan disampaikan di gereja, beberapa orang tidak mendengarkan Firman dengan sungguh-sungguh. Mereka bisa dengan leluasa bermain handphone atau berbicara dengan orang disebelahnya, bahkan ada yang tertidur. Dengan kondisi di atas orang tersebut akan sulit mengalami perubahan karena Firman tidak masuk dalam hidup mereka dan terserap dengan baik.

Orang percaya harus mendengarkan Firman Tuhan dengan seksama, karena Firman Tuhan akan membangkitkan iman. Ingat, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran akan firman Kristus. (ROMA 10:17). Ketika kita mendengarkan Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh iman kita akan bangkit, muncul dan  berfungsi. Ketika kita berjalan dengan iman tidsk ada perkara yang mustahil yang dapat terjadi dalam hidup kita. Iman inilah yabg menjadikan segala sesuatu munhkin terjadi.

Mengapa kita perlu mendengarkan Firman Tuhan?

* Kehidupan orang percaya dibangun di atas dasar prinsip yang bersifat universal, benar, dan akurat yaitu Firman Tuhan.
Meanusia mempunyai prinsip. Yang bersifat relatif (bukan universal); tetapi apa yang dikatakan oleh Firman Tuhan adalah prinsip yang berlaku untuk semua orang.

* Sadari bahwa ketika mengalami tekanan, masalah dan tantangan yang berat, Firman Tuhan justru dapat menasihati, menghibur, dan membangun sehingga akan memperoleh kekuatan baru.

* Memperbaiki kesalahan.
Di dalam Sion 2 Timotius 3:16, Paulus menulis, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

* Semakin disempurnakan dan menjadi serupa dengan Kristus. Ketima Firman Tuhan menyatu dengan orang percaya, ia tidak akan mudah disesatkan karena mendengarkan Firman dengan sungguh-sungguh.

Firman yang anda dengar tidak akan kembali dengan sia-sia.  Firman itu berkuasa. Jadilah orang Kristen yang mendengarkan Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh. (LAS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: