Takut Akan Tuhan

Banyak orang Kristen berpikir dan menganggap ‘takut akan Tuhan’ adalah ‘takut masuk neraka’ atau ‘takut dihukum Tuhan’. Itu adalah pengertian yang salah. Takut akan Tuhan adalah suatu unsur dimana kita tidak membuat Tuhan menjadi kecewa. Kesadaran kita akan Tuhan selalu ada dimanapun kita berada, sehingga kita menyadari bahwa kita ada dalam perhatian Tuhan dan karena itu kita  tidak akan mau melakukan hal-hal yang sembrono yang akan menyakiti hati Tuhan. Tanpa rasa takut akan Tuhan, orang Kristen akan cenderung untuk berpikir, berkata-kata, dan berbuat sesuka hatinya. Karena mereka berpikir bahwa tidak ada Tuhan, jadi tidak ada rasa takut akan Tuhan.

Takut akan Tuhan tidak disadari oleh karena takut akan penghukuman, tetapi disadari oleh kasih kita kepada  Tuhan. Kita tidak mau mengecewakan Tuhan melalui pikiran, tindakan, perkataan dan itu adalah ekspresi kasih kita kepada Tuhan. Orang percaya yang takut akan Tuhan akan menjauhi kejahatan, apalagi melakukannya. Menjauhi kejahatan dengab kerelaannya sendiri, tanpa dipaksa. Dalam Mazmur 112:1, “Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan.”

Apa yang akan kita peroleh kalau kita mempunyai rasa takut akan Tuhan?

1. Memberkati kita. Kita akan memperoleh hikmat (Mazmur 111:10). Hikmat adalah pikiran dan jalan Tuhan yang tidak bisa kita peroleh dari sekolah, dan hikmatNya ini melampaui kecerdasan manusia yang tercerdas sekalipun. Karena hikmat melampaui segalanya.

2. Menerima pengetahuan. Amsal 1:7, “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan” Pengetahuan inilah yang akan memampukab kita untuk memahami hal-hal yang ada di sekitar kita secara spesifik dan khusus dari Tuhan.

3. Memperoleh umur panjang. Amsal 10:27 “Takut akan Tuhan memperpanjang umur, tetapi 5ahun-tahun orang fasik diperpendek.”

4. Memperoleh ketentraman karena kita tahu bahwa Tuhan yang melindungi hidup kita dan Ia akan melimpahi kita dengan kebaikanNya. Orang yang takut akan Tuhan akan diperhatikanNya, tidak akan kekurangan, penuh dengan kecukupan, berada dalam perlindunganNya, dab doa-doanya didengar dan dijawab Tuhan.

Sudahkah kita memiliki rasa takut akan Tuhan atau hanya sekedar takut dihukum dan masuk neraka? Atau karena kita mencintai Tuhan dan tidak mau mendukakan dan mengecewakan Dia? Marilah kita belajar takut akan Tuhan. (LAS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: