KEBIASAAN BERDOA (Markus 1:35; Matius 14:23; Mazmur 32:6)

Tuhan ingin agar umat-Nya berdoa kepada-Nya. Berdoa dalam kekristenan adalah seperti bernafas dalam kehidupan. Dengan demikian, doa harus menjadi prioritas kita agar kerohanian kita mengalami kemajuan dan menjadi kuat. Apakah sebenarnya yang terjadi ketika kita berdoa?

Pertama, kita sedang berkomunikasi dengan-Nya. Komunikasi ini bersifat dua arah. Kita berdoa kepada Tuhan, dan Dia berbicara kepada kita. Berdoa tidak bersifat ritual, kewajiban, dan agamawi, tetapi ke luar dari hati kita (1 Sam. 1:15). Kedua, berdoa berarti kita sedang menjalin hubungan dengan Tuhan (Kis. 10:1-2), sehingga kita semakin mengenal Dia. Ketiga, kita sedang membangun gaya hidup yang diselaraskan dengan sorga (1 Tes. 5:17).

Kehidupan Tuhan Yesus selama di bumi penuh dengan doa. Pada awal pelayanan-Nya, Ia berdoa (Mrk. 1:35). Di tengah pelayanan-Nya, Ia berdoa (Mat. 14:23). Di akhir pelayanan-Nya di bumi, Ia berdoa (Luk. 22:39-41). Sebelum mati, Ia berdoa kepada Bapa (Yoh. 19:30). Di atas kayu salib sekalipun Ia tetap berdoa (Luk. 23:34, 46). Bahkan, sekarang di sorga pun, Ia bersyafaat bagi kita (Ibr. 7:25). Kalau kita ingin menjadi seperti Yesus, maka kita harus membangun mezbah doa kita.

Apa sajakah manfaat doa? Pertama, permohonan kita akan dijawab Tuhan (Luk. 11:9-10). Kedua, Dia bersedia mengubah rencana-Nya karena doa-doa kita (Kej. 18:20-32; Kel. 32:9-14; 2 Raj. 20:1-6). Ketiga, kita akan menghadirkan Kerajaan-Nya dan menyatakan kehendak-Nya di bumi seperti di sorga (Mat. 6:10). Keempat, doa tidak dibatasi oleh waktu, tempat, dan ruang (Mzm. 32:6). Kelima, doa memiliki kuasa yang besar (Yak. 5:16).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: