INDAH PADA WAKTUNYA (Pengkotbah 3: 11)

image

Banyak orang Kristen tidak sabar dalam menantikan waktu Tuhan. Mereka sering tergesa-gesa. Manusia selalu ingin serba cepat dalam menyelesaikan masalah atau dalam mencapai keberhasilan. Tuhan bekerja mempunyai waktu-Nya sendiri. Ia selalu menjadikan sesuatu indah pada waktunya. Ingatlah, ketergesa-gesaan akan membuat kita salah langkah (Ams. 19: 2).

Tuhan meminta Daud untuk tidak menyerang orang Filistin. Ia disuruh untuk menantikan waktu-Nya, yaitu ketika terdengar derap langkah di puncak pohon-pohon kertau, barulah ia boleh maju menyerang (1 Taw. 14: 15).

Kita harus bisa memahami cara kerja dan waktu Tuhan supaya tidak gagal dan tidak kecewa dengan Dia. Kita harus menjadi seperti suku Isakhar yang mengerti saat-saat yang baik, sehingga mengetahui harus berbuat apa (1 Taw. 12: 32). Bagaimana supaya kita dapat mengalami segala sesuatu indah pada waktunya?

Pertama, kita harus sabar menantikan waktu-Nya (Hab. 2: 1-3). Setiap janji Tuhan hanya dapat direalisasikan apabila kita menantikannya dengan iman dan kesabaran (Ibr. 6: 11-12). Iman saja tidak cukup. Kita juga harus sabar. Ketergesa-gesaan kitalah yang sering mengacaukan rencana-Nya.

Kedua, harus percaya bahwa Ia yang berjanji setia (Ibr. 11: 11). Ketika kita meragukan kesetiaan Tuhan, maka kita pasti akan bertindak mengikuti irama dan waktu kita.; kita pasti akan menempuh cara-cara kita sendiri.

Ketiga, kita harus selalu percaya bahwa Dia mempunyai rencana yang sempurna bagi kita di dalam waktu-Nya. Yesus sengaja menunda kedatangan-Nya ke tempat Maria dan Marta  karena Ia ingin agar mereka dapat belajar percaya.

Keempat, kita harus dapat membaca tanda-tanda dari waktu-Nya yang sudah akan tiba bagi kita. Ketika hujan akan turun setelah kemarau panjang, kita akan dapat “mencium” perubahan udara. Ketika musim gugur akan tiba, daun-daun yang berguguran mulai kelihatan. Ketika waktu-Nya tiba, kt akan dpt melihat tanda2-Nya dlm hdp kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: