BERPIKIR POSITIF (Filipi 4: 8; 2 Korintus 8: 21)

image

Pikiran kita harus dilatih dan dibangun secara sehat apabila kita ingin berhasil di dalam kehidupan. Segala sesuatu di dalam hidup manusia dimulai dari pikiran. Apa yang tidak pernah muncul dalam pikiran, tidak akan pernah dibuat rencananya, dan tentu saja tidak akan mencapai hasil apa-apa. Yakub berpikir negatif terhadap pamannya, Laban, sehingga timbullah perasaan negatif, yaitu rasa takut, dan akhirnya ia memutuskan untuk melarikan diri  (Kej. 31: 31).

Jadi apabila kita ingin melihat masa depan yang berhasil, kita harus memrogram pikiran kita dengan hal-hal yang akan mendukung keberhasilan. Di dalam Amsal 23: 7 tertulis: “Sebab seperti orang berpikir di dalam hatinya, demikianlah ia…” (terjemahan dari Alkitab bahasa Inggris). Kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan.

Apabila pikiran kita penuh dengan hal-hal yang negatif, maka kita akan menjadi orang yang selalu memiliki perasaan negatif, reaksi, sikap, dan perilaku yang negatif, yang pada akhirnya pilihan dan keputusan kita pasti negatif. Demikian pula sebaliknya. Dengan demikian, kita akan mengerti pikiran seseorang dengan melihat reaksi, sikap, pilihan, cara berinteraksi dengan sesama, cara berbicara, dan keputusan yang diambilnya.

Untuk bisa selalu positif dalam menghadapi persoalan, tantangan, dan situasi dalam kehidupan, kita harus melatih dan memrogram pikiran kita dengan hal-hal yang positif yang berasal dari firman Tuhan, bukan dari pemikiran atau kesalehan manusiawi. Kita tidak mungkin berpikir positif seperti yang dikatakan oleh firman Tuhan apabila kita tidak pernah belajar dan merenungkan firman Tuhan.
Apabila pikiran dipenuhi dengan ketakutan, kekhawatiran, dan kegagalan, maka sudah dapat dipastikan kita akan mengalami rasa takut, rasa khawatir, dan akhirnya akan membuat kita menjadi gagal. Sebaliknya, apabila pikiran kita dipenuhi dengan optimisme, maka kt akan menciptakan rasa tenang, berani, dan optimis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: