BELENGGU IMAJINER (Mazmur 2: 1-3)

image

Manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi satu sama lain. Namun demikian, kita harus mengerti bahwa saat kita berinteraksi dengan seseorang, ia akan dapat memengaruhi dan bahkan “mengikat“ kita dengan pola pikirnya, perkataannya, dan kulturnya.

Dalam pembacaan dan perenungan dari Mazmur 2: 1-3, kita melihat bagaimana para raja dunia dan para pembesar dapat memengaruhi orang-orang yang diurapi Tuhan. Dengan kedudukan dan pengaruh mereka, para hamba Tuhan dapat dikendalikan dan diintimidasi mereka.

Inilah yang dinamakan “belenggu imajiner,“ sebuah belenggu yang tidak nyata, tetapi mengikat pikiran, perasaan (emosi), dan mental. Banyak orang Kristen yang tidak dapat menjadi orang yang maksimal karena adanya belenggu imajiner ini.

Kegagalan. Ketakutan. Kekhawatiran. Gambar diri yang salah. Perkataan yang melemahkan. Itulah yang seringkali membuat orang menjadi terbelenggu sehingga tidak dapat menerobos.
Dalam ayat 3 dijelaskan bahwa kita harus melakukan 2 hal dalam belenggu imajiner ini. Pertama, kita harus bisa “memutuskannya“. Cara memutuskannya adalah dengan membangun mental dan pikiran yang kuat. Pikiran harus dipulihkan dan diperbaharui oleh firman Tuhan. Ada banyak pikiran yang sudah terbentuk namun tidak selaras dengan firman-Nya, sehingga menjadi mudah terbelenggu.

Kedua, kita bukan hanya memutuskan belenggu imajiner tersebut, tetapi juga harus “membuangnya“ jauh-jauh. Apabila kita tidak membuang belenggu imajiner yang telah berhasil kita putuskan, maka belenggu itu akan kembali dapat mengikat kita.

Bagaimana caranya agar kita dapat membuang belenggu tersebut? Kita harus menghidupi nilai-nilai ilahi dalam keseharian kita. Ketika nilai-nilai ilahi diaplikasikan, maka nilai-nilai tersebut akan menjadi gaya hidup kita. Karena sudah menyatu menjadi gaya hidup, maka akhirnya kita pun dimerdekakan (baca Yohanes 8: 32).

Jangan biarkan belenggu imajiner mengikat Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: