TAKUT AKAN TUHAN (Mazmur 25: 12-14)

image

Tidak sedikit orang Kristen yang memiliki pengertian yang salah tentang “takut akan Tuhan.“ Takut akan Tuhan bukan berarti Tuhan adalah Pribadi yang menakutkan, mudah murka, pembalas, penghukum, dst. Tuhan adalah Pribadi yang penuh kasih, dan bahkan Dia adalah kasih itu sendiri.

Takut akan Tuhan berarti kita tidak ingin mengecewakan-Nya, mempermalukan-Nya, dan membuat nama-Nya diolok dan dihina orang, baik melalui perkataan, sikap, perilaku, pikiran, keputusan, dan tindakan kita. Semua itu kita lakukan karena kita mengasihi Tuhan sebab Ia telah mengasihi kita.

Apa yang akan kita alami apabila kita memiliki rasa takut akan Tuhan? Pertama, kita akan menerima PETUNJUK dari Tuhan untuk jalan yang harus kita pilih. Dengan demikian kita tidak akan salah jalan atau tersesat. Kedua, kita akan menetap (tinggal) di dalam kebahagiaan. Dalam terjemahan bahasa Inggris dikatakan “tinggal di dalam kemakmuran.“

Ketiga, keturunan kita akan mewarisi negeri. Ini berarti keturunan kita tidak akan kekurangan, bahkan akan menerima semua berkat yang disediakan Tuhan di dalam dan di atas bumi negeri di mana mereka tinggal.

Keempat, Tuhan akan menjadi sahabat karib kita. Tuhan tidak lagi melihat dan memperlakukan kita sebagai hamba, tetapi sebagai sahabat (Yoh. 15: 15).

Kelima, rahasia Tuhan akan disingkapkan kepada kita. Dalam bahasa Inggris dikatakan “the secret of the Lord is with those who fear Him (Rahasia Tuhan ada pada mereka yang takut akan Dia).“ Dengan demikian antara Tuhan dengan mereka yang takut akan Tuhan tidak ada lagi rahasia – semuanya menjadi terbuka.

Keenam, Tuhan akan memberitahukan dan menunjukkan ikat-janji-Nya kepada kita. Dengan demikian, mereka yang takut akan Tuhan akan mengalami semua berkat dan janji Tuhan yang tercakup dalam ikat-janji-Nya (baca Ul. 8: 17-18). Pertolongan, kasih setia, perlindungan, berkat, kuasa, dan lain-lain akan diperlihatkan Tuhan kepada kita.

Jadilah orang percaya yang takut akan Tuhan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: