PROYEK TUHAN ATAU PROYEK MANUSIA? (Yohanes 8: 29)

image

Tidak sedikit gereja Tuhan yang mengerjakan tugas pelayanan dan proyek (gedung, program, dsb) yang tidak pernah diperintahkan oleh Tuhan. Semua pelayanan dan proyek seringkali muncul hanya karena kerinduan seorang pemimpin, bukan karena diinstruksikan oleh Tuhan.

Itu sebabnya tidak jarang terjadi stres dan beban yang berat dalam menjalankan pelayanan dan proyek itu. Padahal Tuhan Yesus berkata bahwa kuk-Nya ringan dan beban-Nya enak (Mat. 11:30). Kalau sudah stres dan bebannya berat, kemungkinan besar pelayanan dan proyek yang sedang dijalankan bukan berasal dari Tuhan.

Apa yang terjadi apabila pelayanan dan proyek tersebut berasal dari Tuhan? Pertama, Bapa akan menyertai kita (Yoh. 8:29). Ini berarti penyertaan Tuhan menjadi sangat nyata dalam pelayanan dan proyek itu. Jangan heran apabila banyak sekali terjadi keajaiban, mukjizat, pertolongan dan perlindungan Tuhan, sehingga kita tidak perlu bergumul sedemikian sulit dan membuat kita stres.

Penyertaan Tuhan akan membuat pelayanan dan proyek yang kita kerjakan menjadi lancar, tidak tertunda-tunda, dan terasa sekali Tuhan hadir dan menyatakan kuasa-Nya. Penyertaan Tuhan bukan berarti tidak ada rintangan dan tantangan, namun membuat semua tantangan dan rintangan itu tidak berarti sama sekali.

Kedua, Tuhan tidak akan membiarkan kita berjalan dengan kekuatan dan cara kita sendiri. Ini berarti Dia akan mengirimkan orang-orang yang dapat menolong kita menyelesaikan tugas-tugas secara baik, sehingga pelayanan dan proyek berjalan lancar dan dapat ditangani dengan baik. Ia juga akan memberikan petunjuk dan arahan yang jelas kepada, sehingga kita tidak perlu lagi menerka-nerka atau “trial and error” dalam pelayanan.
Ini berarti Tuhan juga akan memberikan hikmat-Nya kepada kita dalam menjalankan pelayanan dan proyek-Nya sehingga semua persoalan, masalah, dan kerumitan dapat diselesaikan secara tepat sasaran dan efektif.

-Ps. Leonardo A.Sjiamsuri-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: