KARAKTERISTIK CINTA SEJATI (Kidung Agung 8: 5-7)

Di dalam Kidung Agung pasal 8 ini, Salomo menjelaskan apa saja yang menjadi karakteristik cinta sejati. Mari kita perhatikan tulisan Raja Salomo ini.

Pertama, sekuat maut (ay. 6). Apa maksudnya? Maut sifatnya mengikat. Perhatikan ayat ini: “Tali-tali maut telah meliliti aku, … tali-tali dunia orang mati telah membelit aku, …” (Mzm. 18: 5-6). Dari kitab Mazmur ini kita dapat mengerti bahwa maut itu mengikat.

Ini berarti, cinta sejati bersifat mengikat. Inilah yang dinamakan ikat janji (covenant). Cinta sejati tidak didasarkan kasih eros, tetapi kasih agape. Cinta sejati tidak bersyarat dan sifatnya mengikat satu sama lain.

Kedua, cinta sejati bergairah dan gigih seperti dunia orang mati (ay. 6). Cinta sejati bersifat gigih, artinya tidak mudah menyerah karena situasi dan kondisi. Cinta seperti ini tidak akan luntur karena masalah dan tantangan hidup.

Cinta sejati juga seperti dunia orang mati. Apa maksudnya? Dunia orang mati adalah salah satu dari 4 hal yang tidak pernah puas dan kenyang (Ams. 30: 15-16). Jadi cinta sejati tidak pernah merasa cukup. Artinya mereka semakin saling membutuhkan satu sama lain. Mereka akan bergantung satu sama lain. Mereka tidak akan pernah berkata “sudah cukup!” Inilah cinta yang tidak akan pernah berakhir!

Ketiga, cinta sejati seperti nyala api Tuhan yang tidak dapat dipadamkan oleh air yang banyak sekalipun (ay. 6-7). Inilah cinta yang terus membara dan bergelora, dan tidak akan pernah dapat dipadamkan oleh apa pun di dalam kehidupan berkeluarga. Ini bukan cinta atas dasar kecantikan fisik, namun karena kekuatan roh dan jiwa.

Keempat, cinta sejati tidak dapat dibeli dengan harta atau uang (ay. 7). Inilah cinta yang melampaui kebendaaan atau materialistik; cinta yang terikat karena kekuatan batin dan kasih agape, bukan karena hal-hal lahiriah yang menyenangkan daging. Inilah cinta yang tidak pernah menjadi luntur karena kondisi keuangan yang merosot. Cinta yang saling menguatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: