SENJATA MAKAN TUAN (1 Samuel 21: 9-13)

image

Ketika Daud tiba di Nob, ia seorang diri saja dan tidak membawa pedang sama sekali (1 Sam. 21: 1, 8). Satu-satunya pedang yang ada di situ adalah “pedang Goliat.” Inilah pedang yang digunakan oleh Goliat ketika ia mengintimidasi bangsa Israel dan Raja Saul.
Banyak pemimpin gereja melakukan, meneruskan, dan mempraktikkan apa yang tidak disukainya atau yang telah lama ditinggalkan, hanya karena keadaan terdesak (terpaksa). Tidak sedikit gereja karismatik atau gereja profetik saat ini yang kembali lagi menjadi gereja injili yang tidak lagi mengalir di dalam Roh. Mereka meninggalkan “sistem pemerintahan” gereja lamanya, namun kemudian justru menciptakan “sistem pemerintahan” gereja yang mirip dengan yang lama. Apa yang pernah mereka tinggalkan sekarang mereka masuki kembali.

Apa yang terjadi dengan Daud ketika ia menggunakan pedang Goliat? Pertama, ia menjadi ketakutan ketika ia mendengarkan perkataan raja Akhis (1 Sam. 21: 10-12). Apa yang pernah dialami oleh Raja Saul dan orang Israel ketika mendengarkan intimidasi Goliat sekarang dialami oleh Daud. Bukankah Daud sebelumnya tidak takut terhadap intimidasi Goliat?

Banyak pemimpin gereja yang mengulangi sejarah yang sebenarnya mereka sendiri menentangnya di awal pelayanan mereka.

Keadaan Daud sekarang malah menjadi lebih parah. Ia yang pernah mengalahkan Goliat, sekarang bukan hanya menjadi ketakutan, tetapi bersedia berbuat berpura-pura gila, padahal ia adl seorang calon raja yg akan menggantikan Raja Saul (1. Sam. 21: 13).

Sekali Anda & saya menggunakan cara-cara lama yg pernah kita tolak dan buang, maka kondisi kita akan menjadi lebih parah daripada dulu ketika cara-cara lama tersebut digunakan. Mengapa demikian? Krn cara-cara lama yg digunakan masa lalu skg didukung oleh kemajuan dan keberhasilan yang telah kita capai. Ini berarti cara-cara lama mengalami penyempurnaan, pembenaran (karena dianggap “lain dulu, lain sekarang”), dan kompromi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: