DITUDUNGI KARENA TERHUBUNG DENGAN BENAR (2 Raja-raja 8: 1-6)

image

Ketika kelaparan akan tiba, Elisa menasihatkan perempuan Sunem yang kaya untuk meninggalkan negerinya bersama-sama dgn keluarganya (ay. 1). Ia dan keluarganya pun mengikuti nasihat Elisa, sehingga akhirnya mereka terbebas dr bencana kelaparan yang menimpa negeri itu selama 7 tahun.

Dari kisah ini kita juga bljr bgmn hubungan yg dekat dan benar dengan seorang hamba Tuhan yang diurapi jauh lebih penting daripada hanya sekedar menerima pelayanannya. Perempuan Sunem ini membangun hubungan dengan Elisa, bukan hanya menerima pelayanannya sebagai seorang nabi. Itulah sebabnya ia sering berkomunikasi dan berinteraksi secara pribadi dengan Elisa (2 Raj. 4:8-9).

Perempuan Sunem ini juga memosisikan dirinya sebagai murid dan anak yang siap menerima dan melaksanakan setiap petunjuk dan nasihat dari guru dan bapa rohaninya, Elisa. Padahal sebenarnya, ia dan suaminya adalah keluarga kaya (2 Raj. 4:8). Biasanya tdk mudah bagi keluarga kaya untuk dapat menerima dan menjalankan nasihat seorang hamba Tuhan. Sikap hati yang seperti inilah yang akhirnya menyelamatkan keluarga mereka dari kehancuran, dan bahkan mengalami pemulihan.

Stlh mrk kembali dr pengungsian krn masa kelaparan telah selesai, ternyata rumah dan ladangnya telah dikuasai oleh penduduk setempat. Kekayaannya hilang karena mengikuti nasihat nabi Elisa. Apa yang ia lakukan? Apakah ia mengumpat dan menggerutu terhadap nabi Elisa? Tidak sama sekali! Ia tetap memercayai Elisa dan tetap terhubung dengan benar di dalam hatinya. Ktk ia mengadukan perihal rumah dan ladangnya kepada raja, ternyata Elisa sedang berada di istana raja. Akhirnya rumah dan ladangnya dikembalikan kepadanya beserta dengan hasil ladangnya.

Itulah sebabnya kita harus belajar untuk terhubung secara tepat dengan hamba Tuhan dan pemimpin yang diurapi-Nya, agar tudung Tuhan selalu berada di atas kita, yang dapat melindungi dari kehancuran dan kebangkrutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: