OPINI MANUSIA TIDAK DAPAT DIANDALKAN (Lukas 7: 33-35)

Sebagai orang Kristen, apalagi pemimpin atau gembala sidang, perlu mewaspadai opini manusia, baik jemaat maupun orang banyak. Tdk sedikit dari jemaat atau kebanyakan orang menilai atau memberikan opini yg tdk sesuai dgn nilai-nilai ilahi atas kegiatan, perbuatan, dan pelayanan rohani yg kita kerjakan.

Ketika Yohanes Pembaptis tdk makan roti dan tidak minum anggur, ia dikatakan mabuk anggur. Sedangkan ketika Yesus makan dan minum, Ia dikatakan seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa (Luk. 7:33-34). Dari sini kita dapat melihat bahwa opini manusia sangat subyektif dan dipengaruhi oleh kondisi hatinya; tidak konsisten, tidak bisa diandalkan, berbeda nilai-nilai utamanya (core value), dan sangat relatif.

Perhatikan pula apa yang terjadi dengan Rasul Paulus. Saat ia dan seluruh penumpang kapal terdampar di Pulau Malta, mereka diterima oleh penduduk setempat yang terkenal sangat ramah (Kis. 28:1-2). Ketika tangan Paulus digigit ular beludak, penduduk setempat menganggap Paulus sebagai seorang pemunuh (Kis. 28:4). Namun ketika Paulus mengebaskan ular itu dan ia tidak menderita sesuatu, sebaliknya mereka menganggap Paulus sebagai seorang dewa (Kis. 28:6). Opini mereka berubah-ubah dalam waktu sekejap!

Itulah sebabnya, kita tidak dapat mengandalkan opini manusia yang sering berubaha-ubah, tergantung situasi yang dialamainya, tingkat keuntungan (manfaat) yang akan diterimanya atau kerugian yang akan dialaminya, kondisi hatinya (senang atau sedih), suka atau tidak suka terhadap kita.

Memang kita tidak dapat menghindari opini jemaat, pekerja, atau sahabat-sahabat kita. Mereka pasti akan memberikan opini mereka. Namun demikian kita harus mencermatinya secara tepat. Bagaimana caranya? Kita membutuhkan hikmat Tuhan. “Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua orang yang menerimanya” (Luk. 7:35). Ingatlah kita adalah manusia rohani yang mampu menilai segala sesuatu (1 Kor. 2:15).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: