PURA-PURA TIDAK TAHU (Ulangan 22: 1-4)

Ada byk org yg pura-pura tdk tahu padahal mrk tahu apa yg sebenarnya terjadi. Sikap spt ini sangat tidak terpuji dan tdk mencerminkan iman seorg Kristen. Sikap pura-pura seperti ini akan membuat kita mengalami hukuman Tuhan. Perhatikan ayat ini: “Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tdk, supaya kamu jgn kena hukuman” (Yak. 5: 12).
Mengapa pura-pura tdk tahu harus dihindari?

Pertama, sikap ini akan membentuk kepribadian yg suka berbohong, dan pd akhirnya akan mnjd penipu. Dgn  berpura-pura tdk tahu sebenarnya kita sedang mengatakan sebuah kebohongan.

Kedua, sikap ini akan membuat kita menjd seorg yang egois dan tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan. Ketika ada seorg yg dirampok di tengah jalan, seorg imam dan seorg Lewi yg sedang lewat di jalan itu pura-pura tidak tahu. Imam dan orang Lewi ini adalah orang-orang yg tdk peduli dgn org yg sedang membutuhkan pertolongan (Luk. 10: 30-32). Ia menjadi org yg egois dan tidak peduli.

Ketiga, sikap spt ini akan menyuburkan pola pikir dan tindakan yg melawan hukum. Krn terbiasa dgn pura-pura tidak tahu, seseorang akan menjadi mudah mengabaikan hukum dan peraturan dgn berpura-pura tdk tahu. Ia akan menjadi orang yang sulit menundukkan diri dan cenderung menjadi orang yang suka melawan dan memberontak.

Keempat, sikap ini akan mengembangkan sikap yang tidak bertanggung jawab. Org seperti ini tdk akan pernah mau bertanggung jawab. Ia akan berpura-pura tidak tahu, sekalipun itu merupakan tanggung jawabnya.

Kelima, sikap seperti ini akan menghancurkan integritas kita. Kita akan menjadi orang yang tidak memiliki integritas lagi, dan akibatnya akan menjadikannya seorang yang tidak dapat diandalkan dan tidak dapat dipercaya.

Keenam, sikap ini akan dapat membentuk seseorang menjadi orang yang hidup dalam kepura-puraan atau kemunafikan. Inilah yang paling dibenci oleh Yesus! Inilah ragi org farisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: