BERSAMA YESUS (Matius 12: 30)

Banyak orang Kristen melayani Tuhan tetapi “tidak bersama” Yesus. Bukankah kita dapat melayani Tuhan tanpa Tuhan? Orang Kristen yang melayani tidak bersama Yesus adalah orang Kristen yang melawan Tuhan (Mat. 12: 30). Kata kunci di dalam ayat ini adalah “BERSAMA AKU.”

“Bersama” berarti menyatu, bersekutu, melekat, dan senantiasa dekat atau mengikuti Dia. Ini berarti tidak melayani menurut cara, pengertian, nilai, atau kemauan sendiri (Hak. 17:6; 21: 25; Ams. 3: 5). Dengan demikian kita memiliki keintiman dan kedekatan khusus dengan Yesus. “Bersama” berarti mengenal secara dekat sehingga mengerti dan memiliki pikiran dan perasaan Kristus, dan mengenali suara dan rencana-Nya. Dengan demikian “bersama” membuat kita menjadi satu roh dengan Dia (1 Kor. 6: 17). Ini berarti mengikatkan diri dengan Kristus. Jadi kita menjadi “tawanan Roh” (Kis. 20: 22); kita tidak lagi bebas menentukan kemauan kita. Kita sangat bergantung dan tergantung kepada Yesus.

“Aku” adalah Yesus, bukan “aku” (ego). Jadi, pelayanan kita bukanlah untuk memperlihatkan siapa kita atau apa yang dapat kita lakukan, tetapi untuk memperlihatkan siapa Kristus dan apa yang dapat Dia kerjakan yang tidak mungkin kita kerjakan. Ini berarti pelayanan kita harus berpusat kepada Kristus, bukan berpusat kepada program, manajemen, kreativitas, dan pengalaman. Apabila kita memusatkan pelayanan kepada Kristus, sehingga Ia berada di tengah-tengah kita, maka kita membawa pengharapan kemuliaan di tengah-tengah komunitas kita (Kol. 1: 27-29). Selain itu, lambat laun kita akan menjadi serupa dengan Kristus karena terus menerus terfokus kepada-Nya.
Apakah anda hidup, bekerja, dan melayani bersama Yesus?

-Ps. Leonardo A.Sjiamsuri-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: