Sastra Pentateukh

Sastra Pentateukh

Pentateukh merupakan suatu kumpulan dengan keanekaragaman gaya sastra, antara lain:

1. Cerita Prosa
Cerita sederhana, tetapi terus terang dan tegas. Sebagian besar merupakan kisah dari orang ketiga mengenai awal sejarah umat Israel yang diselingi dengan doa, pidato, dan percakapan langsung (contoh : Doa syafaat Abraham).
Cerita-cerita ini memadukan pelaporan sejarah dan penafsiran teologis (contoh: pemahaman yang diberikan Tuhan mengenai cobaan-cobaan Yusuf sebagai suatu yang menguntungkan seluruh keluarga Yakub).

2. Puisi Kuno
Analisis yang cermat dari segi Ortografi (ejaan kata-kata tertentu), Leksikal (kegemaran menggunakan kosakata tertentu), Linguistik (bentuk tata bahasa dan hubungan-hubungan susunan kalimat) sudah menunjukkan kekunoan bagian-bagian puisi seperti Nyanyian Musa (Kel 15), ucapan-ucapan Bileam (Bil 23-24), berkat Yakub (Kej 49), dan nyanyian serta berkat Musa (Ulangan 32-33).
Bentuk syair meliputi: Doa, nyanyian pujian, nyanyian kemenangan dalam gaya drama kepahlawanan, ucapan-ucapan nubuat, janji, dan bahkan nyanyian-nyanyian yang bersifat ejekan.

3. Penyataan Kenabian
Meliputi pemberitahuan tentang apa yang akan terjadi dan paparan dari penyataan Allah kepada Israel yang berorientasi pada perjanjian. Penyataan kenabian dalam kitab-kitab taurat muncul dalam bentuk cerita prosa dan puisi (Kej 15:12-16; Ul 18:17-20).

4. Hukum
Gagasan hukum bukanlah suatu yang unik bagi masyarakat Ibrani di Timur Dekat Kuno (undang-undang yang dibukukan sudah ada di Mesopotamia sekitar lima abad sebelum Musa).
Ada lebih dari enam ratus hukum terdapat di Pentateukh. Maksudnya adalah untuk menertibkan dan mengatur hidup peradilan Israel di bidang perdata, keagamaan, dan pidana sesuai dengan kekudusan yang diperlukan untuk memelihara hubungan perjanjian dengan Allah.
Bagian terbesar dari perundang-undangan PL terdapat dalam Keluaran 20 – Ulangan 33. Isi dari Hukum Timur Dekat Kuno dapat diringkaskan menjadi tiga pokok: Hukum Perdata, Hukum Seremonial, dan Hukum Penyembahan.

View on Path

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: