Karakteristik Manusia Masa Lalu – part 2

Karakteristik Manusia Masa lalu :

“Membuat Keputusan Yang Tidak Semestinya”

1 Samuel 14:24-26 » Ketika orang-orang Israel terdesak pada hari itu, Saul menyuruh rakyat mengucapkan kutuk, katanya: “Terkutuklah orang yang memakan sesuatu sebelum matahari terbenam dan sebelum aku membalas dendam terhadap musuhku.” Sebab itu tidak ada seorangpun dari rakyat yang memakan sesuatu.
Dan seluruh orang itu sampailah ke suatu hutan dan di sana ada madu di tanah.
Ketika rakyat sampai ke hutan itu, tampaklah ada di sana madu meleleh, tetapi tidak ada seorangpun yang mencedoknya ke mulutnya dengan tangan, sebab rakyat takut kepada sumpah itu.

Seorang pemimpin yang kerohaniannya merosot akan melakukan hal yang aneh-aneh, memakai akalnya sendiri untuk memompa egonya. Tanpa disadari ia justru menghambat orang lain mengalami terobosan, padahal jalan menuju terobosan itu sudah ada di depan mata.

Madu itu sudah ada di depan mata, tetapi karena dikutuk, maka tidak ada seorangpun yang berani melakukannya. Tanpa disadari, Saul telah menjadi orang yang menyebabkan stagnasi di kalangan rakyatnya.

Seandainya Saul membiarkan rakyatnya memakan madu itu, mereka akan menjadi kuat. Yonathan mengaku, “Ayahku mencelakakan negeri; coba lihat, bagaimana terangnya mataku, setelah aku merasai sedikit dari madu ini. Apalagi, jika sekiranya rakyat pada hari ini boleh makan dengan bebas dari jarahan musuhnya, yang telah didapatnya! Tetapi sekarang tidaklah besar kekalahan di antara orang Filistin.” (1 Samuel 14:29-30)

Karena dibiarkan liar tanpa terobosan, firman Allah menulis apa yang dilakukan rakyat Israel, sebab itu rakyat menyambar jarahan; mereka mengambil kambing domba, lembu dan anak lembu, menyembelihnya begitu saja di atas tanah, dan memakannya dengan darahnya. (1 Samuel 14:23)

(“Man of The Hour” – by: Ps. Leonardo A. Sjiamsuri – Nafiri Gabriel)
https://fedrichsolla.wordpress.com

View on Path

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: